Capello coret Beckham

6

Pupus sudah harapan David Beckham mengukir rekor 100 kali tampil bersama tim nasional Inggris. Pelatih Fabio Capello tidak memanggilnya masuk dalam skuad 30 pemain yang dipersiapkan untuk pertandingan ujicoba lawan Swiss pekan depan. Selain Beckham, kiper nomor satu Inggris pada babak kualifikasi Euro 2008 dan Piala Dunia 2006, Paul Robinson, juga tidak dipanggil. Di klub […]

Pupus sudah harapan David Beckham mengukir rekor 100 kali tampil bersama tim nasional Inggris. Pelatih Fabio Capello tidak memanggilnya masuk dalam skuad 30 pemain yang dipersiapkan untuk pertandingan ujicoba lawan Swiss pekan depan.

Selain Beckham, kiper nomor satu Inggris pada babak kualifikasi Euro 2008 dan Piala Dunia 2006, Paul Robinson, juga tidak dipanggil. Di klub Tottenham sendiri, Robinson juga sudah kehilangan posisi sebagai kiper utama.

Pemain lain yang juga tidak dipanggil adalah bek veteran Sol Campbell, gelandang Phil Neville dan striker Jermain Defoe. Sementara kapten John Terry dan gelandang Frank Lampard tak masuk skuad karena masih didera cedera.

Sebagai pengganti Defoe di lini depan Capello memanggil striker muda Aston Villa, Gabriel Agbonlahor. Sedangkan di posisi belakang dia memanggil bintang muda Villa lainnya, Curtis Davies.

Dengan demikian ada lima pemain Aston Villa dalam skuad Capello kali ini. Mereka adalah Agbonlahor, Davies, Ashley Young, Gareth Barry dan Scott Carson. Jumlah itu sama dengan jumlah wakil dari Manchester United. Namun, kemungkinan masih akan ada pengurangan karena Sabtu malam besok, Capello baru akan mengumumkan 23 pemain tetap.

Saat jumpa pers kemarin, Capello mengungkapkan alasan dia tidak memanggil Beckham dikarenakan mantan anak asuhnya ketika di Real Madrid itu, sudah lama tidak bertanding di kompetisi (bertanding) reguler.

“Saya tahu banyak diskusi tentang David Beckham,” kata Capello. “Alasan kenapa David tidak ada dalam skuad adalah karena dia tidak bermain dalam pertandingan sesungguhnya sejak November lalu.”

“Ketika saya kontak David kemarin, saya nasehati dia kalau dia masih masuk dalam rencana saya. Jika dia sudah bermain lagi secara reguler di Amerika, saya pasti akan mempertimbangkan tempat baginya,” jelas Capello.

Sejak November lalu, Beckham tak lagi bermain karena kompetisi Liga Major Amerika sedang libur. Dia memang mengisi masa liburannya dengan berlatih di markas Arsenal, namun hal itu belum cukup menjaminnya masuk dalam skuad Capello.

Beckham membukukan penampilan ke-99 bersama Inggris ketika The Three Lions kalah 2-3 lawan Kroasia dalam pertandingan terakhir babak kualifikasi Euro 2008 November lalu.

Berikut daftar anggota skuad Inggris:

Kiper: David James (Portsmouth), Scott Carson (Aston Villa), Chris Kirkland (Wigan)

Bek: Wayne Bridge (Chelsea), Ashley Cole (Chelsea), Curtis Davies (Aston Villa), Rio Ferdinand (Man Utd), Glen Johnson (Portsmouth), Ledley King (Tottenham), Nicky Shorey (Reading), Wes Brown (Man Utd), Joleon Lescott (Everton), Micah Richards (Man City), Matthew Upson (West Ham), Jonathan Woodgate (Tottenham)

Gelandang: Michael Carrick (Man Utd), Steven Gerrard (Liverpool), Gareth Barry (Aston Villa), Jermaine Jenas (Tottenham), Owen Hargreaves (Man Utd), Joe Cole (Chelsea), Ashley Young (Aston Villa), Stewart Downing (Middlesbrough), Shaun Wright-Phillips (Chelsea), David Bentley (Blackburn)

Penyerang: Emile Heskey (Wigan), Gabriel Agbonlahor (Aston Villa), Michael Owen (Newcastle), Wayne Rooney (Man Utd), Peter Crouch (Liverpool)
***