Data Ini Menunjukkan Jose Mourinho Tepat Bagi Manchester United

Louis van Gaal memiliki persentase kemenangan yang lebih baik daripada legenda Matt Busby, tapi pelatih asal Belanda itu harus menerima pemecatannya setelah dua tahun sebagai manajer Manchester United.

Louis van Gaal punya persentase kemenangan lebih baik daripada legenda Matt Busby, tapi pelatih asal Belanda itu akhirnya dipecat juga. Bagaimana dengan Jose Mourinho?

Pelatih asal Belanda membawa United kembali kompetisi Liga Champions ke Old Trafford dalam kampanye pertamanya, tapi kegagalannya untuk bertarung di Liga Primer Inggris dan terlempar dari zona Liga Champions akhirnya memberikan tekanan bagi van Gaal.

Van Gaal mungkin berpikir kemenangan di final Piala FA Sabtu (21/5) atas Crystal Palace akan memberikannya lebih banyak waktu.

Taoi fans United sudah bergemuruh mengungkapkan ketidakpuasannya atas rangkaian hasil negatif United dan gaya bermain yang ‘monoton’ yang diterapkan oleh van Gaal. Hastag #vanGaalOut pun ramai diunggah sebagai respons atau keinginan fans untuk segera mengganti pelatih asal Belanda tersebut.

Di bawah, kami menggunakan data Opta untuk menilai pencapaian Van Gaal di United.

Lebih baik daripada Busby?

Matt Busby adalah salah satu nama yang paling dihormati dalam sejarah Manchester United. Dalam 24 tahun karirnya sebagai manajer, pelatih asal Skotlandia itu memenangkan lima gelar divisi Utama Liga Inggris, Piala FA dua kali, dan Piala Eropa di tahun 1968. Tapi Van Gaal dianggap tidak akan pernah setara dengan Matt Busby  meskipun mantan bos Bayern Munich itu memilikpersentase kemenangan di liga yang lebih baik.

Berikut data prosentasenya :

  • Alex Ferguson – 60,4 persen
  • Ernest Mangall – 54,2 persen
  • Louis van Gaal – 51,3 persen
  • David Moyes – 50 persen
  • Matt Busby – 49.40 persen

Kurang Mampu Menyerang?

Salah satu kritik yang ditujukan pada Van Gaal selama masa jabatannya adalah bahwa timnya gagal untuk menerapkan permainan menyerang, sebuah gaya yang sangat lazim pada masa Alex Ferguson.

Dalam Van Gaal 103 pertandingan United bersama van Gaal di semua kompetisi, United berhasil mencetak 158 gol pada rata-rata 1,5 gol per game. Bukan hasil yang memuaskan untuk tim sekelas United.

Tak Menarik dan Membosankan

Untuk semua kritik yang ditujukan pada David Moyes di masa naasnya di United, Van Gaal telah berbuat banyak untuk mengangkat suasana hati di Old Trafford. Salah satu masalah utama van Gaal adalah telah gagal untuk membangunkan United dari tempat tidurnya, dengan 19 laga dari 76 laga Premier League berakhir tanpa gol dan menjadi pertandingan yang membosankan. Fans United juga telah frustrasi oleh kurangnya gol di kandang dengan hanya 27 gol di Old Trafford di Liga Premier di musim 2015-16.

Mourinho Orang yang Tepat?

Dalam rangka membangkitkan tim pasca terpuruk selama tiga musim dari prestasi sejak kepergian Ferguson, tidak mengherankan United bisa melihat kapabilitas Mourinho untuk mengubah nasib mereka. Meskipun Mourinho di karir terakhirnya harus dipecat oleh Chelsea Desember lalu dan meninggalkan klub di posisi ke-16 klasemen liga Primer Inggris, atau satu poin di atas zona degradasi, pelatih asal Portugal itu tetap manajer dengan persentase kemenangan tertinggi selama era Premier League. Van Gaal, sementara itu, duduk di luar 10 besar.

Berikut prosentasenya :

  • Jose Mourinho – 66 persen
  • Alex Ferguson – 65,2 persen
  • Carlo Ancelotti – 63,2 persen
  • Roberto Mancini – 61,7 persen
  • Manuel Pellegrini – 61,4 persen

Tidak salah jika kemudian United akan berharap banyak kepada manajer yang telah memenangi dua trofi liga Champions ini. Jadi, apakah Mourinho manajer yang tepat dan mampu untuk membangkitkan raksasa Inggris ini dari tidur panjangnya?