Everton harus lepaskan Pienaar

3

Everton kehilangan salah satu gelandang terbaiknya Steven Pienaar saat menghadapi tuan rumah Chelsea dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga di Stamford Bridge, Selasa (8/1) malam ini. Badan sepakbola dunia (FIFA) kemarin meminta kepada Everton tidak memasang Pienaar dalam laga nanti agar memberi kesempatan kepada pemain yang berstatus pinjaman dari Borussia Dortmund itu balik ke […]

Everton kehilangan salah satu gelandang terbaiknya Steven Pienaar saat menghadapi tuan rumah Chelsea dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga di Stamford Bridge, Selasa (8/1) malam ini.

Badan sepakbola dunia (FIFA) kemarin meminta kepada Everton tidak memasang Pienaar dalam laga nanti agar memberi kesempatan kepada pemain yang berstatus pinjaman dari Borussia Dortmund itu balik ke negaranya Afrika Selatan yang tengah bersiap menghadapi turnamen Piala Afrika di Ghana pertengahan bulan ini.

Sebelumnya pelatih Everton David Moyes bersikeras kalau klub berhak memainkan Pienaar dalam laga nanti dengan alasan Piala Afrika belum digelar dalam lima belas hari ke depan.

Namun sikap Moyes itu mendapatkan tentangan keras dari asosiasi sepakbola Afrika Selatan yang kemudian mengadukan masalah ini kepada badan sepakbola dunia (FIFA) Minggu (6/1).

FIFA dalam keputusannya semalam meminta Everton agar melepaskan pemain itu. Menurut lembaga ini, Moyes telah menginterpretasi salah peraturan FIFA tentang kewajiban seorang pemain membela tim nasional negaranya.

Dalam peraturan FIFA, seorang pemain dibebaskan dari tugas klub apabila memperkuat negaranya dalam sebuah turnamen besar. Waktu pembebasan pemain terhitung 14 hari sebelum turnamen dimulai. Piala Afrika dimulai pada 20 Januari, sedangkan Afrika Selatan baru akan bermain 23 Januari menghadapi Angola.
***