Hasil Southampton vs Liverpool, 19 November 2016

Hasil Southampton vs Liverpool yang merupakan laga Liga Inggris pekan ke-12 berlangsung pada Sabtu malam WIB di St Mary’s Stadium.

Liga Inggris  - Hasil Southampton vs Liverpool, 19 November 2016

Liga Inggris  - Hasil Southampton vs Liverpool, 19 November 2016

Hasil Southampton vs Liverpool yang merupakan laga Liga Inggris pekan ke-12 berlangsung pada Sabtu malam WIB di St Mary’s Stadium.

Pertandingan ini dimulai dengan tuan rumah Southampton main dalam tempo cepat. Mereka mencoba menekan dan menguasai bola dengan cepat. Liverpool mengimbanginya dengan mencoba bola.

Peluang emas pertama di laga Sabtu malam ini terjadi melalui pemain The Saints Ryan Bertrand. Namun percobaan serangan itu berhasil dihalangi oleh Nathaniel Clyne.

Liverpool perlahan-lahan menguasai bola dengan dominasi di atas 55%. Namun keunggulan kepemilikan ini tidak kunjung membuahkan peluang. Anak-anak Juergen Klopp tampak kesulitan menembus pertahanan tuan rumah yang mengejar setiap bola dan melakukan pengawalan ketat.

Peluang pertama Liverpool terjadi pada menit 28 melalui Sadio Mane yang mendapatkan umpan di dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras ke pojok gawang. Tapi kiper Fraser Forster menepis bola.  Peluang emas lain terjadi di menit ke-33 melalui tendangan Philippe Coutinho. Masih gagal. Mane di akhir babak pertama kembali menerima umpan terobosan Georginio Wijnaldum. Tapi usahanya dihalangi oleh Virgil van Dijk. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Southampton berhasil memenangkan laga yang sama musim lalu di St Mary’s Stadium. Liverpool sempat unggul lebih dulu dengan skor 2-0 di babak pertama. Namun Sadio Mane yang kini telah berseragam merah berhasil mencetak dua gol balasan yang memastikan Southampton menang 3-2 atas Liverpool. Hasil tersebut juga menjadi satu-satunya kekalahan Liverpool atas Southampton di semua kompetisi, di mana pada lima laga sebelumnya Liverpool menang 4 kali dan imbang 1 kali.

Pada tiga pertemuan sebelumnya di stadion kebanggaan Southampton itu, Liverpool selalu berhasil memenangkan laga. Liverpool juga berhasil mencetak setidaknya dua gol per pertandingan dalam empat laga terakhir di kandang Southampton.

Liverpool saat ini memimpin klasemen Liga Inggris dengan poin 26, satu poin di atas Chelsea. Itu sebabnya Juergen Klopp selaku pelatih mengingatkan para pemainnya untuk tetap rendah hati dan menjaga fokus pada pertandingan berikutnya. “œKami harus tetap fokus terhadap permainan kami sendiri. Kami telah memiliki ekspektasi yang tinggi dan jujur saja, saya adalah orang yang selalu optimistis.”

Masalahnya, Liverpool hanya terpaut satu poin dari Chelsea yang menguntit di bawahnya dengan nilai 25 poin. Hal itulah yang membuat sang pelatih meminta anak asuhnya tetap waspada dan juga tak anggap remeh lawan-lawan berikutnya.

“Kompetisi Premier League ini masih panjang, dan banyak kejadian yang bisa saja membuat kami terjatuh dan terpuruk,” ujar Klopp.

Babak kedua tidak ada perubahan skor. Periode kedua diawali dengan permintaan penalti setelah Roberto Firmino terjatuh gara-gara Van Dijk. Tapi wasit mengabaikan banding tim tamu.

Pada 45 menit babak kedua ini dominasi bola Liverpool bertambah menjadi 65% berbanding 35% untuk tuan rumah. Dominasi The Reds juga terlihat dari jumlah tendangan sudut yang mencapai delapan kali, bandingkan dengan The Saints yang hanya satu kali. Jumlah serangan tim tamu juga terlihat dari goal kicks yang mencapai 11 kali untuk Soton. Tapi tidak ada gol tercipta di babak kedua.

Tercatat ada empat kali peluang emas Liverpool di babak kedua, namun tak satu pun berakhir dengan gol.

Skor akhir Southampton vs Liverpool 0-0 (FULL TIME)

Gol: –

Susunan Pemain Southampton vs Liverpool :

Southampton: Forster, Soares, Van Dijk, Fonte, Bertrand, Davis, Romeu, Hojbjerg, Boufal, Austin, Redmond
Cadangan: Taylor, Yoshida, Clasie, Long, Rodriguez, Martina, Reed

Liverpool: Karius, Clyne, Matip, Lovren, Milner, Henderson, Can, Wijnaldum, Coutinho, Mane, Firmino
Cadangan: Mignolet, Moreno, Origi, Klavan, Sturridge, Grujic, Lucas