Hasil Wigan Athletic vs Arsenal, Semifinal FA Cup 2014

6

  Semifinal FA Cup 2014 antara Wigan Athletic vs Arsenal berakhir dramatis. The Gunners melangkah ke babak puncak lewat kemenangan adu penalti, Sabtu (12/4).  Setelah skor imbang 1-1 terjadi dalam waktu 120 menit, Arsenal akhirnya sukses melaju ke partai final setelah memenangi babak tersebut dengan skor 2-4. Arsenal yang memang menjadi unggulan utama di turnamen ini. Tempo permainan yang cenderung lamban pun […]

Liga Inggris  - Hasil Wigan Athletic vs Arsenal, Semifinal FA Cup 2014

 

Semifinal FA Cup 2014 antara Wigan Athletic vs Arsenal berakhir dramatis. The Gunners melangkah ke babak puncak lewat kemenangan adu penalti, Sabtu (12/4).  Setelah skor imbang 1-1 terjadi dalam waktu 120 menit, Arsenal akhirnya sukses melaju ke partai final setelah memenangi babak tersebut dengan skor 2-4.

Arsenal yang memang menjadi unggulan utama di turnamen ini. Tempo permainan yang cenderung lamban pun membuat peluang terbilang minim sepanjang paruh pertama. Wigan juga lebih menunggu dan mengandalkan serangan balik secara sporadis.

Setelah sempat kesulitan menembus pertahanan Wigan, Arsenal datang menyerang lagi lewat situasi set-pieces. Sayangnya, Bacary Sagna gagal menuntaskan sebuah peluang yang ia dapat di tiang jauh.

Wigan bukannya tak pernah mengancam gawang Lukasz Fabianski. Peluang bagus mereka dapat di menit 39, akan tetapi tendangan Marc-Antoine Fortune bisa dengan mudah dijinakkan oleh Fabianski.

Peluang terbaik Arsenal di babak pertama lewat tendangan bebas Lukas Podolski yang sayangnya masih menyamping, dan upaya Yaya Sanogo menyambut umpan terobosan Podolski tetapi masih gagal menaklukkan Scott Carson. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, tempo permainan yang lamban tetap tak berubah. dan Arsenal harus membayar mahal taktik mereka itu di menit 63. Gol tersebut tercipta lewat titik penalti yang dieksekusi Jordi Gomez setelah Per Mertesacker melanggar Callum McManaman di kotak penalti Arsenal.

Tersengat, Arsenal bangkit! Arsenal berusaha keras untuk menyamakan skor. Beberapa peluang tercipta diantaranya tendangan Sagna yang masih membentur tiang gawang. Begitu juga sundulan Kieran Gibbs yang bisa dimentahkan Carson dan heading Kieran Gibbs yang sudah mengecoh Carson masih bisa dihalau Stephen Crainey di depan gawang.

Upaya Arsenal membombardir pertahanan Wigan akhirnya membuahkan hasil di menit 82. Mertesacker sukses membayar kesalahannya dengan sebuah gol penting menyambut tendangan Chamberlain. Skor berubah menjadi 1-1 dan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Pada masa 2 x 15 menit tersebut, Arsenal masih mendominasi permainan dan alur serangan. Sanogo beberapa kali mendapat peluang bagus namun ia masih saja gagal membobol gawang Carson. Sedangkan peluang lain didapat saat tendangan keras Chamberlain menerpa tiang gawang Carson. Sementara Wigan lebih banyak bertahan dan menanti kesempatan memukul balik.

Setelah tak mampu menambah gol di paruh pertama, kedua tim kembali bertukar serangan di paruh kedua babak ekstra. Namun hingga wasit meniup peluit tanda akhir babak ekstra, tak ada gol tambahan yang tercipta sehingga nasib kedua tim pun harus ditentukan lewat adu tendangan 12 pas.

Di babak adu penalti, dua penendang Wigan yakni Gary Caldwell dan Jack Collison harus melihat bola tendangannya ditepis Fabianski. Dua penendang lain yakni Jean Beausejour dan James McArthur sukses untuk tidak mengikuti dua rekannya tersebut.

Sementara empat penendang Arsenal yakni Mikel Arteta, Kim Kallstrom, Olivier Giroud, dan Santi Cazorla sukses membuat Carson tak berkutik.

Wigan 1-1 Arsenal (Gomez 63’-pen / Mertesacker 82’)

Wigan: Scott Carson; James Perch, Emmerson Boyce, Ivan Ramis (Gary Caldwell 85’), Stephen Crainey, Jean Beausejour; James McArthur, Joshua McEachran (Jack Collison 64’), Jordi Gomez, Callum McManaman (Nick Powell 68’); Marc-Antoine Fortune

Arsenal: Lukasz Fabianski; Bacary Sagna, Per Mertesacker, Thomas Vermaelen, Nacho Monreal (Kieran Gibbs 62’); Mikel Arteta, Alex Oxlade-Chamberlain; Aaron Ramsey (Kim Kallstrom 113’), Santi Cazorla, Lukas Podolski (Olivier Giroud 68’); Yaya Sanogo