Inilah Profil Pemain Termahal Everton

  • Siapa sih Michael Keane? Jebolan Manchester United itu baru saja memutuskan berkarir di Everton untuk lima tahun ke depan.

Michael Keane - Manchester United
Michael Keane - Manchester United

Everton telah menandatangani Michael Keane dari Burnley dengan biaya transfer yang bisa melonjak menembus rekor klub setara 30 juta poundsterling (Rp 519 Milyar).

Keane, 24 tahun, pindah ke Goodison Park setelah menyetujui kontrak berdurasi lima tahun. Ini merupakan rekor transfer termahal untuk tim berbaju biru itu.

Bek Inggris itu merupakan penandatanganan kelima Everton pada musim panas ini, dengan striker Malaga Sandro Ramirez juga bergabung pada hari Senin dengan harga 5,2 juta poundsterling (Rp 90 Milyar).

Penandatanganan tersebut membawa total pembelanjaan Everton di jendela transfer ini menembus lebih dari 90 juta pound (Rp 1,55 Trilyun) total, termasuk kesepakatan senilai 30 juta pound (Rp 519 Milyar) untuk kiper Jordan Pickford.

“Michael ada di daftar prioritas para pemain yang ingin kami bawa ke Everton musim panas ini dan saya senang dia ada di sini,” kata bos Everton, Ronald Koeman.

“Kami tahu akan ada persaingan dari klub lain tapi Michael percaya pada ambisi Everton dan apa yang ingin kami lakukan dan inilah saat yang tepat baginya untuk datang.”

Keane menambahkan: “Saya menonton banyak laga Everton musim lalu dan saya yakin saya benar-benar sesuai dengan cara bermain tim.”

“Saya merasa ini adalah tempat yang tepat untuk datang dan melanjutkan perkembangan saya sebagai pemain.”

Keane memulai karirnya di Manchester United namun kemudian dijual ke Burnley oleh manajer saat itu, Louis van Gaal, seharga 2 juta pound (Rp 34,6 Milyar) pada tahun 2015. United akan mendapatkan keuntungan dari kepindahannya ke Everton karena mereka memasukkan klausul komisi penjualan kembali sebesar 25% dalam transfer tersebut.