Fakta, Mourinho Berjasa Hentikan Dominasi Guardiola

Berita Bola — Real Madrid seharusnya berterima kasih kepada Jose Mourinho. Sebab fakta menunjukkan kehadiran dia di Santiago Bernabeu beberapa musim lalu berhasil menghentikan dominasi Barcelona di bawah asuhan Josep Guardiola.

Berita Bola —¬†Real Madrid seharusnya berterima kasih kepada Jose Mourinho. Sebab fakta menunjukkan kehadiran dia di Santiago Bernabeu beberapa musim lalu berhasil menghentikan dominasi Barcelona di bawah asuhan Josep Guardiola.

Mourinho membesut Real Madrid selama tiga musim yaitu dari 2010/11 hingga 2012/13. Oleh manajemen El Real dia dinilai gagal lantaran hanya mampu mempersembahkan satu gelar juara La Liga, satu trofi Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol.

Karena dinilai gagal itulah, The Special One kemudian diberhentikan. Posisinya digantikan oleh Carlo Ancelotti yang kemudian sukses membawa El Real meraih trofi Liga Champions untuk ke 10 kalinya musim 2013/14.

Tapi terlepas dari penilaian manajemen Los Blancos yang menyebut Mourinho gagal di Santiago Bernabeu, mantan bek El Real, Alvaro Arbeloa, melihatnya dari sisi lain. Menurut pemain yang baru saja berpisah dengan El Real itu, kehadiran Mourinho justru berhasil merusak dominasi Guardiola kala itu. Andaikan Mou tidak ada, boleh jadi Guardiola terus berjaya bersama Barca hingga sekarang.

Seperti diketahui, Guardiola mengundurkan diri dari Barca pada musim panas 2012, setelah Mourinho berhasil membawa El Real meraih trofi La Liga 2012 dan Piala Super Spanyol 2012. Setahun sebelumnya Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey.

“Kehadiran Mourinho sangat penting dalam mematahkan dominasi Barcelona,” kata Alvaro Arbeloa seperti dilaporkan Marca, Kamis (26/5).¬†“Dia belum mendapat pengakuan yang pantas atas fakta ini. Tetapi jika dia tidak datang saat itu, Pep Guardiola pasti masih akan memenangkan trofi di Barcelona sampai hari ini,” tambahnya.

Tidak dipungkiri kalau Manchester United kini mendatangi The Special One ke Old Trafford adalah dalam rangka menandingi rival sekotanya Manchester City yang musim depan akan dibesut Guardiola. Banyak yang percaya bahwa cuma Mou, dan mungkin kini ada Diego Simeone (Atletico Madrid) yang mampu membungkam Guardiola.

Sepakbola.cc