Joe Hart Harus Belajar dari Dua Kiper Ini

  • Berita Bola – Joe Hart sudah kehilangan posisi sebagai kiper utama Manchester City di musim 2016-17. Manajer baru Josep Guardiola lebih memilih memainkan Willy Caballero ketimbang kiper timnas Inggris tersebut.

 

Berita Bola – Joe Hart sudah kehilangan posisi sebagai kiper utama Manchester City di musim 2016-17. Manajer baru Josep Guardiola lebih memilih memainkan Willy Caballero ketimbang kiper timnas Inggris tersebut.

Beberapa hari lalu, Guardiola sempat mengatakan bahwa Joe Hart harus mengubah penampilannya jika ingin dipilih jadi kiper utama. Penampilan yang dimaksud Guardiola adalah yang sesuai dengan filosofi permainan pelatih asal Spanyol itu.

Untuk diketahui, Guardiola membangun sistim penyerangan yang dimulai dari belakang. Itu berarti seorang kiper dituntut piawai dalam membagi atau mengoper bola dari belakang dan harus cepat memberikan bola kepada pemain yang berada dalam posisi bagus. Filosofi itulah yang harus dipelajari Joe Hart.

Bagaimana mempelajarinya? Pengamat sepakbola yang juga mantan pemain Liverpool, Jamie Carragher, memberikan saran berikut. Katanya, Joe Hart perlu mempelajari video-video rekaman permainan kiper-kiper yang pernah bermain untuk Josep Guardiola.

Dua kiper yang pernah di bawah asuhan Guardiola adalah, mantan kiper Barcelona, Victor Valdes, dan kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer. Menurut Carragher, seharusnya Joe Hart sudah mempelajai video kedua kiper itu sebelum Guardiola tiba di Manchester City.

“Gary Neville mengatakan bahwa Hart harus bertahan di City, bahwa dia harus bekerja keras dan bekerja dengan Guardiola untuk meningkatkan diri, tapi mengapa Hart tidak meningkatkan diri sebelum Guardiola datang,” ujar Carragher.

“Itu sudah menjadi rahasia umum selama 12 bulan bahwa Guardiola akan datang ke Manchester. Sudahkah Hart belajar dari video Manuel Neuer dan Victor Valdes untuk melihat apa yang Guardiola ingin dari seorang ‘sweeping keeper’ saat tim bermain dengan garis pertahanan yang tinggi,” tambahnya.

Oleh : Gilabola.com