Yaya Toure Dicoret Guardiola, Ini Reaksi Agennya

Berita Bola – Josep Guardiola tidak memasukkan nama gelandang senior Yaya Toure dalam skuad Manchester City untuk ajang Liga Champions. Hal itu cukup mengejutkan. Bagaimana reaksi si pemain?

Berita Bola – Josep Guardiola tidak memasukkan nama gelandang senior Yaya Toure dalam skuad Manchester City untuk ajang Liga Champions. Hal itu cukup mengejutkan. Bagaimana reaksi si pemain?

Tidak diperoleh komentar dari Yaya Toure sendiri. Namun agennya, Dimitri Seluk, dengan nada sendir menyebut pencoretan kliennya dari skuad Liga Champions merupakan keputusan jenius dari pelatih Guardiola.

Kabarnya Toure tidak masuk dalam skuad karena mengacu pada aturan UEFA menyatakan bahwa delapan dari 25 pemain yang dimainkan oleh klub di kompetisi elit Eropa harus merupakan pemain homegrown.

Peraturan itu  membuat jatah untuk pemain non home ground jadi terbatas, dan Guardiola pun terpaksa mengorbankan gelandangan asal Pantai Gading itu.

Seluk lantas mengatakan bahwa hanya waktu yang nantinya bisa membuktikan apakah keputusan sang manajer tersebut benar atau salah.

“Keputusan itu dibuat oleh manajer modern yang amat jenius, Guardiola,” kata Seluk seperti dilansir Goal International.¬†“Yaya, adalah seorang profesional. Mungkin Pep ikut mempertimbangkan faktor bahwa kontraknya akan berakhir tahun ini, dan ingin memberikan kesempatan pada pemain lain untuk menunjukkan yang terbaik.”

“Ini adalah visi sang pelatih. Dan waktulag nanti yang akan menunjukkan apakah itu adalah keputusan yang tepat atau tidak. Kita akan lihat di akhir musim nanti,” tambah Seluk.

Lantas apa yang dimaksud dengan pemain home ground? Pemain home grown atau bisa juga disebut pemain lokal adalah pemain yang usianya 21 tahun atau lebih yang telah menghabiskan tiga musim di satu negara saat pemain tersebut berusia 16-21 tahun. Atau bisa dibilang pemain tersebut merupakan pemain lulusan akademi negara itu sendiri.

Cesc Fabregas adalah salah satu contoh pemain home ground yang bukan berkewarga negaraan Inggris. Status tersebut didapat Fabregas dapatkan karena pada usia antara 16-21, Fabregas menghabiskan tiga musimnya bersama Arsenal.
Oleh : Gilabola.com

Sepakbola.cc