Manchester United punya 659 juta pendukung

Manchester United (MU) tercatat sebagai klub sepak bola yang memiliki pendukung terbanyak di dunia. Survei yang dilakukan Lembaga Riset Kantar menunjukkan Manchester United memiliki fans sebanyak 659 juta orang di seluruh dunia. Dari jumlah tadi, pendukung terbanyak MU berada di Asia dengan total 325 juta orang. Afrika dan Timur Tengah berada di urutan kedua dengan […]

Manchester United (MU) tercatat sebagai klub sepak bola yang memiliki pendukung terbanyak di dunia. Survei yang dilakukan Lembaga Riset Kantar menunjukkan Manchester United memiliki fans sebanyak 659 juta orang di seluruh dunia.

Dari jumlah tadi, pendukung terbanyak MU berada di Asia dengan total 325 juta orang. Afrika dan Timur Tengah berada di urutan kedua dengan total pendukung 173 juta orang. Di benua Eropa, MU memiliki pendukung sebanyak 90 juta orang, dan 70 juta orang berasal dari benua Amerika.

Direktur Komersial MU, Richard Arnold, kenaikan jumlah pendukung MU di seluruh dunia tidak lepas dari sukses klub itu selama 25 tahun diasuh Sir Alex Ferguson.

“Sir Alex (Ferguson) telah bekerja dengan sangat baik selama 25 tahun untuk memastikan kami memiliki tim muda, menarik, dan berkarakter menyerang. Saya sangat yakin, kecenderungan saat ini akan bertahan,” kata Richard Arnold.

“Kompetitor datang dan pergi. Pada awal masa Sir Alex, pesaing kami adalah Liverpool. Kami mengalami fase ketika Arsenal menjadi penantang kami. Kemudian Chelsea, dan sekarang Manchester City,” tambahnya.

“Tapi, satu yang tetap stabil, yaitu Manchester United. Itu kenapa Anda melihat pertumbuhan ini, dalam hal jumlah suporter, dan kami terus menjadi tim paling populer di cabang olahraga paling populer di dunia,” jelas Richard Arnold.

sumber: Kompas.com