MU Pasang Empat Bek Tengah Lawan Middlesbrough, Ini Alasannya

Sepakbola – Ada taktik unik yang dilakukan manajer Manchester United Jose Mourinho saat timnya melawan Middlesbrough, Minggu (19/3) malam. Dia memasang empat bek tengah di babak kedua.

Jose Mourinho

Gilabola.com – Ada taktik unik yang dilakukan manajer Manchester United Jose Mourinho saat timnya melawan Middlesbrough, Minggu (19/3) malam. Dia memasang empat bek tengah di babak kedua.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Riverside Stadium itu, MU berhasil membawa pulang kemenangan dengan skor 3-1. Tiga gol Setan Merah dicetak oleh Marouane Fellaini (30), Jesse Lingard (62), dan Antonio Valencia (90). Sedangkan gol balasan tim tuan rumah dicetak oleh Rudy Gestede (77).

Meski menang, MU justru banyak ditekan oleh lawan sepanjang pertandingan. Statistik menunjukkan Boro mendominasi penguasaan bola sebanyak 65 persen, dan MU hanya 35 persen. Tapi MU bermain lebih efektif, bahkan lebih banyak melepaskan tembakan yaitu 16 tembakan berbanding 14 milik tim tuan rumah.

Di babak pertama, Mourinho memakai pola 3-4-2-1. Di lini pertanan dia memasang tiga bek, yaitu Eric Bailly, Chris Smalling dan Phil Jones. Sedangkan Antonio Valencia didorong ke posisi gelandang kanan.

Tapi setelah Middlesbrough meningkatkan tekanan di babak kedua, Mourinho memasukan satu lagi bek tengah, yaitu Marcos Rojo, di menit ke 65 untuk menggantikan Juan Mata. Kini MU memiliki empat bek tengah di lini pertahanan.

Namun penguatan lini belakang itu ternyata belum cukup ampuh untuk meredam serangan gencar Boro lewat bola-bola panjang yang langsung menusuk ke pertahanan. Alhasil, tuan rumah berhasil memperkecil ketinggalan jadi 1-2 di menit ke 77 lewat gol Rudy Gestede.

Gol Gestede itu makin menambah semangat Middlesbrough untuk terus menekan pertahanan MU. Sejumlah peluang berbahaya berhasil didapat tim tuan rumah, terutama lewat bola-bola udara. Beruntung David de Gea masih cukup sigap mengawal gawangnya.

Tak ingin kecolongan di menit-menit akhir, Mourinho lantas memasukkan satu lagi pemain belakang, yaitu Matteo Darmian. Dia masuk menggantikan Marcus Rashford di menit ke 89. Kini MU memiliki lima bek, yang jika ditambah Antonio Valencia, maka mereka bermain dengan enam bek di menit-menit akhir.

Dalam jumpa pers seusai pertandingan Jose Mourinho mengungkapkan alasan kenapa dia melakukan pergantian dengan memasukkan dua bek di babak kedua. Menurutnya, penempatan empat bek tengah (Bailly, Smalling, Jones dan Rojo), bertujuan untuk mengantisipasi taktik bola-bola panjang yang dilontarkan tim tuan rumah di babak kedua.

Memang Middlesbrough mengubah taktik dengan memasukkan dua penyerang, yaitu Rudy Gestede dan Adama Traore di menit ke 67setelah mereka tertinggal 0-2. Rudy langsung berduet dengan Alvaro Negredo dalam menyambut umpan-umpan panjang di dalam kontak penalti MU. Alhasil Gestede sukses mencetak gol di menit ke 77.

“Kami mengontrol permainan sampai kami unggul 2-0, tapi kemudian mereka (Middlesbrough) mengubah cara bermain dengan mengandalkan Rudy Gestede dan Alvaro Negredo di depan. Mereka mulai menempatkan bola-bola panjang langsung ke dalam kotak penalti,” kata Mourinho told BT Sport.

“Kami pun memutuskan untuk bertahan dengan menambah satu bek ekstra. Saya pikir kami melakukan kesalahan karena membiarkan mereka banyak menekan kami. Tapi setelah masuknya bek ekstra, kami kembali bisa menahan gempuran mereka selam 15 menit teakhir dan malah kami mencetak satu gol lagi (lewat Valencia di menit ke 90),” tambahnya.

Sepakbola.cc