Tolak hadir, Drogba kehilangan gelar

2

Gelar Pemain Terbaik Afrika 2007 seharusnya jatuh ke tangan striker Chelsea dan Pantai Gading, Didier Drogba. Namun karena dia menolak hadir di acara penganugerahan, maka gelar itu pun berpindah ke tangan Frederic Kanoute, penyerang asal Mali. Malam penganugerahan penghargaan pemain terbaik itu berlangsung Jumat pekan lalu di Lome, ibukota Togo. Drogba tidak hadir di acara […]

Gelar Pemain Terbaik Afrika 2007 seharusnya jatuh ke tangan striker Chelsea dan Pantai Gading, Didier Drogba. Namun karena dia menolak hadir di acara penganugerahan, maka gelar itu pun berpindah ke tangan Frederic Kanoute, penyerang asal Mali.

Malam penganugerahan penghargaan pemain terbaik itu berlangsung Jumat pekan lalu di Lome, ibukota Togo. Drogba tidak hadir di acara itu karena tengah memperkuat Pantai Gading di ajang Piala Afrika yang saat ini masih berlangsung di Ghana.

Seperti diungkapkan oleh jurubicara tim Pantai Gading, Jean-Calude Djacus, pihak konfederasi sepakbola Afrika (CAF) berencana memberikan penghargaan tersebut kepada Drogba, namun striker klub Chelsea tersebut memutuskan tidak pergi ke Lome untuk menerimanya. Penghargaan itu kemudian diterima striker asal Mali, Frederic Kanoute.

“Pihak CAF mengatakan kepada Didier (Drogba) sebelum malam penganugerahan dan mengatakan akan menyerahkan penghargaan tersebut kepada Frederic Kanoute bila ia tidak bisa datang menghadirinya,” kata Djacus. “Didier kemudian memutuskan tidak datang dan tidak akan mau mengikuti pemilihan pemain terbaik untuk 2008.”

Sementara itu, Pantai Gading memastikan diri lolos ke semifinal Piala Afrika setelah berhasil membantai Guinea 5-0 di perempatfinal Senin pagi kemarin. Di semifinal nanti, Drogba dan kawan-kawan akan menantang juara Piala Afrika 2006, Mesir, yang lolos setelah mengalahkan Angola 2-1 Selasa (5/2) dinihari tadi.
***