Tuan Rumah Piala Dunia 2018 Tak Bisa Bayar Gaji Pelatih Tim Nasional

  • Rusia adalah tuan rumah Piala Dunia 2018. Tapi bayar gaji pelatih tim nasionalnya saja tidak bisa. Jika niat Fabio Capello mengambil alih posisi pelatih tim nasional sepakbola Rusia adalah demi uang, dia datang ke tempat yang salah. Pelatih veteran asal Italia, yang memimpin Inggris di Piala Dunia 2010 dan kemudian mengambil alih Rusia dua tahun kemudian, belum […]

Sepakbola - Arsenal dan Chelsea tengah terlibat persaingan untuk mendapatkan tanda tangan dari bintang Atletico Madrid Yannick Carrasco.

Liga Inggris Piala Dunia Xtra Time  - Tuan Rumah Piala Dunia 2018 Tak Bisa Bayar Gaji Pelatih Tim Nasional

Rusia adalah tuan rumah Piala Dunia 2018. Tapi bayar gaji pelatih tim nasionalnya saja tidak bisa.

Jika niat Fabio Capello mengambil alih posisi pelatih tim nasional sepakbola Rusia adalah demi uang, dia datang ke tempat yang salah.

Pelatih veteran asal Italia, yang memimpin Inggris di Piala Dunia 2010 dan kemudian mengambil alih Rusia dua tahun kemudian, belum dibayar gajinya sejak Juni.

Dan di saat yang kurang lebih sama itu, tim nasional Rusia hanya memenangkan hanya satu dari enam pertandingan kompetitif.

Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko, yang memainkan peran penting dalam menarik Capello pada tahun 2012, tampaknya berpikir ada korelasi antara perjuangan tim dan gaji pelatih yang belum dibayar.

“(Itu) tidak memberikan motivasi ekstra, baik kepada tim atau pelatih,” kata Mutko soal gaji, menambahkan bahwa cobaan “dapat berpengaruh terhadap hasil tim.”

Capello, bagaimanapun, telah membantah bahwa ia atau tim terganggu oleh sengketa gaji ini.

Alasan untuk kesulitan finansial ini tidak jelas, tetapi Uni Sepakbola Rusia (RFU) telah berulang kali berjuang dengan masalah keuangan.

Presiden RFU Nikolai Tolstykh bahkan mengatakan organisasi terpaksa mengambil pinjaman bank yang mencekik leher dalam beberapa bulan terakhir guna membayar gaji beberapa anggota staf Capello.

Di sisi lain, hasil buruk Rusia di Piala Dunia di Brasil, ketika tim itu tersingkir di babak penyisihan grup, mendorong beberapa anggota parlemen mengkritik Capello, yang dilaporkan menerima gaji tahunan sebesar Rp 134 Milyar.

Politisi nasionalis Vladimir Zhirinovsky menyebut Capello sebagai “pencuri”, sementara Igor Ananskikh, ketua komite olahraga parlemen mengatakan, tim Rusia kali ini adalah yang terlemah dalam satu dekade dan memerintahkan sang pelatih untuk tampil bersaksi di depan parlemen.

Mantan pelatih Real Madrid untuk dua masa jabatan itu belum menyanggupi panggilan itu, tapi satu panggilan ulang dikirim pekan ini setelah Rusia bermain imbang 1-1 Minggu, vs Moldova.

Kualifikasi untuk Euro 2016 dimulai dengan kemenangan 4-0 atas Liechtenstein, tapi diikuti dengan hasil seri melawan Swedia dan Moldova.

Hasil yang terakhir menandai perayaan pertandingan pertama Rusia di stadion baru yang dirancang untuk Piala Dunia 2018, Otkrytie Arena milik klub Spartak Moskow.

Agak ironis bahwa sementara Rusia berkeinginan untuk menampilkan diri sebagai raksasa olahraga global, tuan rumah Olimpiade Musim Dingin di Sochi, dan mempersiapkan diri untuk Piala Dunia berikutnya, mereka gagal membayar gaji pelatih asing berprofil tinggi.

“Situasi ini tidak membuat Rusia terlihat baik dengan cara apapun,” kata Mutko kepada media lokal.

Mutko adalah kepala RFU selama empat tahun sampai 2009, setahun setelah ia ditunjuk menjadi menteri olahraga, dan tetap menjadi tokoh utama dalam sepak bola sebagai wakil Rusia di komite eksekutif FIFA. Laporan ini kemudian mengaitkan Mutko dengan kemungkinan kembali ke pucuk pimpinan sebagai presiden RFU, tapi dia belum mengomentari rumor tersebut.