Untuk Soal Akademi Bola, Tak Ada Yang Mengalahkan Barcelona

37

Raksasa La Liga Barcelona telah menghasilkan pemain terbanyak yang bermain di liga-liga top Eropa dibandingkan klub lain, menurut penelitian baru oleh Observatory CIES Football. Ada 43 pemain berbeda jebolan akademi La Masia Barca yang saat ini merumput di “lima besar” Eropa, yakni La Liga Spanyol, Liga Primer Inggris, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis. Manchester United berada […]

Liga Inggris Liga Spanyol  - Untuk Soal Akademi Bola, Tak Ada Yang Mengalahkan Barcelona

Raksasa La Liga Barcelona telah menghasilkan pemain terbanyak yang bermain di liga-liga top Eropa dibandingkan klub lain, menurut penelitian baru oleh Observatory CIES Football.

Ada 43 pemain berbeda jebolan akademi La Masia Barca yang saat ini merumput di “lima besar” Eropa, yakni La Liga Spanyol, Liga Primer Inggris, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis.

Manchester United berada di urutan kedua dengan total 36 pemain lulusan mereka, diikuti oleh Real Madrid 34, Olympique Lyon 33 dan Paris Saint-Germain 27.

Sebanyak 43 pemain lulusan Barca itu termasuk 13 pemain saat ini di Camp Nou, serta 30 bermain di banyak tempat lain termasuk di Chelsea Cesc Fabregas, di Bayern Munich Thiago Alcantara, di Porto Christian Tello dan pasangan Stoke City Bojan Krkic dan Marc Muniesa.

Secara luas fasilitas pengembangan remaja klub Catalan itu dan pembinaan mereka dikagumi, namun kegagalan mereka untuk mematuhi peraturan soal perekrutan telah menyebabkan FIFA menjatuhkan larangan transfer selama 12 bulan atas Barcelona yang saat ini tengah berlaku.

Dengan mempertimbangkan semua 98 klub yang disurvei, Real Madrid berada di urutan kedua di belakang Barcelona dalam jumlah pemain ‘bikinan sendiri’ yang berhasil diekspor ke tempat lain, yakni 24 pemain.

Bintang jebolan Real Madrid termasuk antara lain di Juventus adalah Alvaro Morata, di Atletico Madrid Juanfran Torres, di Valencia Rodrigo, di Fiorentina Borja Valero dan di Napoli Jose Callejon. Mereka semua adalah lulusan klub pemuda Bernabeu, La Fabrica.

Dalam soal kesetiaan penggunaan pemain alumni ‘pabrik sendiri’ maka tiga klub teratas adalah Athletic Bilbao, Real Sociedad dan Olympique Marseilles dengan 15 pemain masing-masing.

Athletic Bilbao dan Real Sociedad memiliki 15 pemain akademi sendiri dalam skuad mereka karena pertimbangan politik. Mereka ingin memelihara dan mempromosikan bakat-bakat muda Basque.

Atletik juga telah menghasilkan pemain top sekarang di tempat lain termasuk di Manchester United Ander Herrera, di Bayern Javi Martinez dan di Juventus Fernando Llorente.

Klub yang relatif kecil yang telah menghasilkan banyak pemain top termasuk Rennes [24 total], Lens [22], Atalanta [22], Espanyol [21] dan Montpellier [21].

Peringkat tertinggi produsen bakat non-Eropa untuk lima besar liga Eropa adalah klub Argentina, River Plate.

Sementara itu Arsenal telah berhasil meluluskan 22 pemain, 15 ke klub lain yang bermain di lain “lima besar” Eropa, 7 pemain dipakai sendiri. Sedangkan klub-klub Inggris lainnya seperti Manchester City, Chelsea dan Tottenham telah menghasilkan hanya 12 pemain masing-masing secara total, jumlah yang sama dengan La Liga Rayo Vallecano dan Ligue 1 Guingamp.

Penelitian ini juga menemukan bahwa klub-klub Ligue 1 Prancis merupakan tim yang terbanyak menggunakan pemain sendiri, mencapai 24,6%, diikuti oleh La Liga 20,4%, Bundesliga 16,4%, Premier League 13,9% dan Serie A 9,6%.

The International Centre for Sports Studies (CIES) adalah pusat studi independen yang dibentuk pada tahun 1995 sebagai perusahaan patungan antara FIFA, Universitas Neuchatel, kota dan negara bagian Neuchatel, Swiss.