Chelsea Juara, Mourinho Tak Pernah Raih Gelar Manajer Terbaik

Berita Bola: Mungkin ini teori konspirasi yang dituduhkan Jose Mourinho. Chelsea berhasil meraih kembali gelar juara tanpa satu kali pun manajernya meraih gelar manajer terbaik (manager of the month). Dan ini sudah kali kedua!

Berita Liga Inggris: Chelsea Juara, Mourinho Tak Pernah Raih Gelar Manajer Terbaik
Berita Liga Inggris: Chelsea Juara, Mourinho Tak Pernah Raih Gelar Manajer Terbaik

Berita Bola: Mungkin ini teori konspirasi yang dituduhkan Jose Mourinho. Chelsea berhasil meraih kembali gelar juara tanpa satu kali pun Mourinho meraih gelar manajer terbaik (manager of the month). Dan ini sudah kali kedua!

Jose Mourinho belum memenangkan satu kali pun gelar manajer terbaik di bulan mana pun musim ini, menjadikan dia bos pertama yang menjadi juara tanpa meraih gelar itu setelah Jose Mourinho di musim 2005/2006.

Pelatih Portugis itu telah lama membicarakan konspirasi para pejabat liga terhadap dirinya dan pengumuman bahwa manajer Leicester City Nigel Pearson telah meraih gelar itu di bulan April telah menambah bumbu teori konspirasi tersebut.

Dalam sejarah Liga Premier hanya ada dua peristiwa di mana sang manajer klub juara telah melalui keseluruhan musim tanpa memenangkan satu kali pun penghargaan bulanan tersebut.

Pada 2005-06, ketika Mourinho membawa Chelsea mengangkat trofi, dan sekarang tahun ini untuk orang dan tim yang sama.

Musim-musim sebelumnya menunjukkan bahwa Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger mengambil penghargaan pertama mereka pada sebuah musim yang sukses di bulan April, mungkin dalam upaya untuk menghindari situasi pelik semacam ini muncul.

Moruinho mungkin aka diberi gelar Manajer Terbaik Tahun Ini pada bulan Mei tapi tanpa satu kali pun gelar manajer bulanan terbaik akan meninggalkan banyak orang di Stamford Bridge bertanya-tanya soal apa yang terjadi.

Jose Mourinho telah dituduh menyebarkan taktik negatif, meskipun fakta menunjukkan mereka sangat produktif dalam gol memasukkan, dan hanya kalah dari Manchester City musim ini.

Chelsea telah memastikan mahkota juara dengan sisa tiga pertandingan musim ini dan menjaga jarak 13 poin atas posisi kedua. Namun ternyata itu belum cukup untuk mengesankan panel juri yang terdiri dari 40 orang.

Inilah datanya:
Musim 04-05: Chelsea
Manajer bulanan terbaik: Jose Mourinho 2 kali

Musim 05-06: Chelsea
Manajer bulanan terbaik: Jose Mourinho 0

Musim 06-07: Manchester United
Manajer bulanan terbaik: Sir Alex Ferguson 3

Musim 13-14: Manchester City
Manajer bulanan terbaik: Manuel Pellegrini 2

Musim 14-15: Chelsea
Manajer bulanan terbaik: Jose Mourinho 0

Berita Liga Inggris: Chelsea Juara, Mourinho Tak Pernah Raih Gelar Manajer Terbaik
Berita Liga Inggris: Chelsea Juara, Mourinho Tak Pernah Raih Gelar Manajer Terbaik

Awal musim ini, ketika ditanya tentang kegagalan untuk memenangkan penghargaan tersebut, Mourinho menjawab dengan penuh semangat.

“Saya tidak peduli,” katanya. “Tapi ada sesuatu yang tidak beres karena dalam empat tahun di Liga Premier, saya hanya memenangkan manajer terbaik bulanan tiga kali saja.”

“Jadi, pasti, mereka tidak menyukai saya. Tapi saya tidak peduli. Saya hanya ingin tim saya menang.”

Pada bulan Desember, juru bicara penghargaan manajer terbaik bulanan Andrew McDougall membantah adanya agenda anti-Mourinho.

Dia berkata: “Panel terdiri dari sekitar 40 orang, semuanya terlibat dalam dunia sepak bola, mulai dari mantan pemain, penulis sepak bola dan perwakilan dari Asosiasi Manajer Liga, FA dan Premier League.”

“Hanya satu orang yang mendapat suara terbanyak yang menang. Saya yakin nama Jose masuk setiap bulan tetapi juga datang ke masalah relativitas. Ambil contoh Sam Allardyce menang pada bulan Oktober dengan tiga kemenangan dan sekali imbang.”

“Hal ini ditimbang melawan tim Jose yang tak terkalahkan tapi melakukannya dengan skuad yang jauh lebih kuat. Tony Pulis adalah manajer terbaik musim lalu karena membalikkan nasib Crystal Palace. Pasti tidak ada bias terhadap Jose, yang kita semua tahu adalah manajer yang hebat.”

Sepakbola.cc