Pemain Liga Inggris Pemerkosa Gadis 19 Tahun Ini Dibebaskan Dari Penjara

27

Seorang pesepakbola Liga Inggris diduga kuat sudah dibebaskan dari penjara setelah menjalani setengah dari masa hukumannya selama lima tahun. Striker internasional Wales dan penyerang Sheffield United, Ched Evans, dipenjara pada bulan April 2012 untuk tudingan memperkosa seorang wanita di sebuah kamar losmen di Rhyl, Wales Utara. Sebuah mobil Mercedes 4×4 warna perak terlihat berhenti di luar Penjara Wymott dekat […]

Liga Inggris  - Pemain Liga Inggris Pemerkosa Gadis 19 Tahun Ini Dibebaskan Dari Penjara

Seorang pesepakbola Liga Inggris diduga kuat sudah dibebaskan dari penjara setelah menjalani setengah dari masa hukumannya selama lima tahun.

Striker internasional Wales dan penyerang Sheffield United, Ched Evans, dipenjara pada bulan April 2012 untuk tudingan memperkosa seorang wanita di sebuah kamar losmen di Rhyl, Wales Utara.

Sebuah mobil Mercedes 4×4 warna perak terlihat berhenti di luar Penjara Wymott dekat Leyland, Lancashire, sebelum pukul 05:00 pagi. Seorang pria, diduga kuat Ched Evans, terlihat masuk ke bagian belakang mobil yang jendelanya dipasangi kaca film hitam dan kendaraan melesat pergi dalam hitungan detik.

Pembebasan striker berusia 25 tahun itu akan memberi tekanan lebih banyak pada mantan klubnya, Sheffield United. Apakah Evans boleh bergabung dengan mereka lagi?

Penggemar telah banyak menyerukan agar ia diizinkan main lagi untuk Sheffield, tapi hampir 150.000 orang telah menandatangani sebuah petisi online yang mendesak klub Bramall Lane itu untuk tidak mempekerjakannya kembali.

Sang pesepakbola sudah berkali-kali membantah melakukan pelanggaran tetapi ia dinyatakan bersalah oleh juri di pengadilan Caernarfon Crown.

Dia mengaku melakukan hubungan seks mau-sama-mau dengan gadis berusia 19 tahun, tapi wanita itu mengatakan kepada juri dia tidak bisa mengingat insiden itu.

Jaksa mengatakan wanita tersebut, yang tidak bisa disebutkan namanya karena alasan hukum, terlalu mabuk untuk menyetujui sebuah hubungan seksual consensual (mau-sama-mau).

Bek Port Vale Clayton McDonald juga mengaku berhubungan seks dengan korban tapi tidak dinyatakan bersalah atas tuduhan yang sama.

Banding terhadap hukuman Evans ditolak oleh tiga hakim di Pengadilan Banding pada tahun 2012.

Pacarnya, Natasha Massey, telah memimpin kampanye publik untuk membatalkan dakwaan itu. Massey mengatakan pada media bahwa ia meminggirkan perasaannya sendiri bahwa ia telah dikhianati, dan mendukung sang pemain bola melalui tahapan pengadilan dan penjara dan dia bilang telah mengunjungi Evans setiap minggu di penjara.

Massey mengatakan pacarnya itu berharap untuk bisa bermain sepakbola profesional lagi.

Sheffield United telah menolak untuk berkomentar, apakah mereka akan mengizinkan Evans untuk bermain lagi.

Liga Inggris  - Pemain Liga Inggris Pemerkosa Gadis 19 Tahun Ini Dibebaskan Dari Penjara

Manajer Nigel Clough mengatakan, “Kami telah melakukan satu atau dua diskusi, kami sedang menunggu keputusan dan pemilik akan membuat keputusan jika waktunya tepat.”

Para politisi sudah menekan klub untuk menolak permohonan Evans dengan pertimbangan bahwa pemain sepakbola adalah teladan bagi anak-anak. Mereka tokoh di masyarakat dan sudah dibayar mahal untuk profesinya itu sehingga tidak sepatutnya melakukan perbuatan tercela.

Evans mencetak 48 gol dalam 113 pertandingan untuk Blades sebelum penahanannya, termasuk 35 gol dalam 42 pertandingan selama musim 2011/12 yang terpotong masa penahanannya. Sheffield United di musim 2006/2007 pernah bermain di PremierLeague, tapi prestasinya merosot sejak itu dan kini berada di League One, dua kasta di bawah Premier League.

Ched Evans telah tampil 13 kali untuk Wales.