David Luiz Dianggap Penerus John Terry? Bisa?

Liga Inggris – Kembalinya David Luiz ke Chelsea membuat mantan bek Arsenal, Martin Keown menyebut pemain berambut gimbal itu sebagai penerus John Terry yang akan segera pensiun. Seperti yang dikutip dari laman Daily Mail, Keown menyatakan bahwa pembelian Luiz kembali oleh Chelsea merupakan keputusan yang sangat baik. Selain karena kualitas si pemain, keputusan itu sangat […]

David Luiz Chelsea 2

Liga Inggris – Kembalinya David Luiz ke Chelsea membuat mantan bek Arsenal, Martin Keown menyebut pemain berambut gimbal itu sebagai penerus John Terry yang akan segera pensiun.

Seperti yang dikutip dari laman Daily Mail, Keown menyatakan bahwa pembelian Luiz kembali oleh Chelsea merupakan keputusan yang sangat baik.

Selain karena kualitas si pemain, keputusan itu sangat baik lantaran Chelsea membelinya dengan harga yang lebih murah ketimbang saat menjualnya ke Paris Saint-Germain dan juga terbilang cukup cepat untuk membawanya pulang.

“Sepertinya David Luiz diboyong sebagai penerus jangka panjang John Terry di Chelsea, dan saya kira ini adalah perekrutan yang sangat baik,” tulis Keown.

“Ketika klub itu menjualnya kepada PSG dengan harga 50 juta pound sterling pada Juni 2014, itu dianggap sebagai transaksi bisnis yang sangat baik. Dia sangat dicintai suporter, tapi terkadang kurang bisa diandalkan. Terbukti, sebulan seusai transfer itu, Brasil dikalahkan Jerman 7-1 di Piala Dunia 2014.” Lanjut Keown.

Namun dia menilai, bahwa David Luiz merupakan bek yang sangat baik. Keown tak melupakan peran Luiz dalam menjaga lini belakang Chelsea saat klub tersebut merebut gelar juara Liga Champions 2012. Luiz juga menjadi pengubah kondisi dalam laga final Liga Champions saat melawan Bayern Muenchen.

Saat itu laga harus dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Waktu itu Chelsea sempat tertinggal 2-0 setelah dua penendang awalnya gagal menceploskan bola ke gawang Munchen. David Luiz yang menjadi penendang ketiga berhasil membakar semangat rekan-rekannya setelah menjebol gawang Manuel Neuer.

“Itu adalah momentum yang mengubah keadaan,” ujar Keown.

Bek legendaris Arsenal itu juga menilai Luiz sudah jauh berkembang. Permainan pemain berambut kribo itu dinilai lebih matang dan dia diperkirakan akan tampil lebih baik karena merasa urusannya dengan Chelsea belum kelar.

Menurut Keown, Luiz juga akan banyak belajar dari Antonio Conte, yang dikenal sangat konsen soal lini belakangnya. Luiz harus memperbaiki kecepatannya dan belajar bagaimana membuat keputusan lebih cepat dan tepat.

Sepakbola.cc